Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam -Lingkaran kantung hitam pada bawah mata atau yang sering kita sebut sebagai mata panda memang sangatlah mengganggu penampilan. Tidak hanya bagi kaum wanita saja, bagi kaum laki laki permasalahan kantung mata hitam memang kerap menjadi masalah yang mengganggu selain dari permasalahan wajah seperti jerawat. Banyak faktor penyebab terjadinya keluhan kantung mata hitam, sebelum membahas tips menghilangkan kantung mata hitam kita bahas dulu yuk faktor pemicu terjadinya kantung mata hitam agar kita tau penyebabnya dan kita bisa menghindari terjadinya kembali keluhan mata panda:
menghilangkan kantung mata hitam

Tips menghilangkan kantung mata hitam

Faktor pemicu terjadinya kantung mata hitam  

1. Kurang tidur Kurang tidur biasanya merupakan faktor pemicu yang paling utama terjadinya mata panda,mengapa demikian karena saat kurang tidur ini dapat membuat mata anda menjadi lelah sehingga otot-otot di sekitar mata menjadi mengendur dan menyebabkan mata panda.  

2.Pola hidup
Pola hidup yang kurang sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit dan mata anda, selain dapat membuat warna mata menjadi tidak bening, pola hidup yang tidak sehat juga dapat mempercepat keriput dan menimbulkan kantung mata hitam. Pola hidup yang tidak sehat contohnya adalah merokok, mengkonsumsi alkohol, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, atau junk food, dan masih banyak lagi.

Sebagai mana kita ketahui, seorang anak akan mewarisi DNA dari kedua orang tuannya, apabila salah satu orang tua anda ada yang memiliki kantung mata, maka bisa saja hal ini di wariskan pada anaknya, untuk membuktikannya maka perhatikan atau tanyakan langsung pada orang tua anda, jika memang ada mungkin ini adalah penyebabnya. Kantung mata karena faktor genetik pastinya akan lebih sulit untuk di hilangkan, perlu perawatan rutin agar mata panda bisa benar-benar hilang.  

4. Paparan sinar UV
paparan sinar UV besar pengaruhnya terhadap kesehatan kulit, tidak hanya kulit daerah mata pun ikut terkena pengaruhnya, ketika kita beraktifitas di luar ruangan dan tanpa menggunakan pelindung sipa siap saja sinar UV membakar kulit anda tak terkecuali daerah kantung mata, itu karena sinar UV bisa memperbanyak produksi melanin yang biss menggelapkan daerah mata.  

5.Penyakit
Ada bebapa jenis penyakit yang bisa mempengaruhi kelopak mata kita menjadi hitam, di antaranya penyakit ginjal dan anemia. Kantong mata hitam bisa kita atasi dengan mudah, selama itu bukan dari faktor keturunan dan penyakit ya teman. yaitu dengan merubah jam tidur kita dan tentunya merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat, tapi ada tips nya nih teman beberapa cara agar mata panda bisa di atasi dengan cepat, apa saja tips nya. Yuk kita simak tips menghilangkan mata panda:

1. Irisan mentimun
Mungkin cara satu ini sudah banyak yang tahu,dengan menempelkan irisan mentimun ke area mata maka keluhan kantung mata pun akan hilang. Mentimun memiliki sifat astrigen yang mana berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Caranya:
  • Iris mentimun segar dengan ketebalan 0.5 cm
  • Sambil tiduran, tempelkan irisan tersebut masing-masing ke area mata
  • Diamkan selama 30 menit dan rasakan hawa sejuknya
  • Agar perawatan wajah lebih praktis, kamu bisa juga menggunakan mentimun sambil mengaplikasikan masker wajah alami
2.Kompres dengan kantung teh
Ternyata kantung teh cukup bermanfaat untuk menghilangkan kantung mata hitam, itu karena kandungan tanin yang ada dalam kantung teh mampu menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami. Bila di gunakan secara rutin mata kamu akan menjadi segar. Caranya:
  • Siapkan dua kantung teh bekas (bisa teh biasa ataupun teh hijau)
  • Celupkan kantung teh kedalam air dingin selama 10 menitan
  • Selanjutnya tempelkan kantung tadi ke area mata
  • Diamkan selama 20 menitan, kemudian bilas dengan air sampai bersih.
3.Putih telur
Kandungan protein pada putih telur banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit, termasuk salah satunya mampu mengencangkan kulit secara alami. Itu karena putih telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi protein.Dengan menggunakan putih telur ke area sekitar mata, maka kantung mata pun akan hilang dengan sangat mudah. Caranya:
  • Kocok putih telur secukupnya sampai berbuih
  • Oleskan putih telur tadi ke bagian kantung mata, jangan sampai terkena mata
  • Pijat lembut selama 5 menit, lalu diamkan hingga 30 menitan
  • Terakhir, bilas dengan air hangat sampai bersih.
4.Perasan Air Lemon
Lemon memang kaya akan vitamin c yang bagus untuk kulit dan pencerah alami untuk wajah yang layu dan lelah.
Penting:
Hindari terkena mata dan jka air lemon menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada kulit anda, segera hentikan penggunaannya. Berikut langkah menggunakan perasan air lemon.
Caranya:
  • Belah lemon dan peras sarinya ke dalam wadah. Ambil bola kapas dan celupkan di perasan air lemon tersebut.
  • Lalu oleskan tipis-tipis di daerah mata panda.Biarkan sejenak kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air besih. Lakukan hal ini setiap pagi selama 2-3 minggu.
5.Minyak almond
Minyak almond memiliki kandungan mineral alami yang cukup legkap. Ada mineral alami kalsium, magnesium, asam folat, kolagen, dan masih banyak lagi. Kandungan kolagennya inilah yang mampu mengencangkan area sekitar mata. Sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi mata panda. Caranya:
  • Siapkan minyak almond secukupnya
  • Setiap selesai mandi, oleskan minyak tersebut secara merata pada area mata
  • Beri pijatan agar minyak meresap selama 10 menit, lalu diamkan hingga kering Bilas dengan air dingin/es sampai bersih.
6.Kompres dengan es batu
Apakah kamu suka nonton tinju? Biasanya ketika waktu jeda, si petinju akan dikompres mukanya dengan menggunakan waslap dingin yang telah dicelupkan di dalam air es. Setelah diteliti, ternyata sifat es yang dingin mampu memberikan kesegaran kulit. Dengan demikian, es batu terbukti cukup efektif untuk menghilangkan kantung mata hitam. Caranya:
  • Siapkan es batu secukupnya
  • Ada 2 cara yang bisa dilakukan yakni megoleskan langsung dan menggunakan bantuan waslapApabila sudah cukup parah, kamu dapat mengoleskan es batu secara langsung.
7. Masker bengkoang
Kandungan vitamin C dan B1 dalam bengkoang cukup bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami.Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami. Caranya:
  • Haluskan 1 buah bengkoang yang sudah dikupas, kamu bisa memarutnya
  • Gunakan halusan bengkoang tadi sebagai masker wajah selama 30 menit
  • Tapi sebelum menggunakan pastikan wajah kamu bersih dari kotoran
  • Diamkan sampai meresap, lalu bilas dengan air dingin.Bila dilakukan rutin, kulit kamu pun akan lebih cerah berseri.
8.Menggunakan Tomat
Tomat banyak digunakan sebagai bahan dasar produk cream wajah, itu karena tomat memiliki sifat pemutih alami yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit.Selain itu tomat juga sangat mudah di dapatkan jadi tidak ada salahnya anda mencoba cara ini. Caranya:
  • Buatlah jus tomat, lalu oleskan menggunakan kapas ke area mata panda.
  • Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan hal ini 2 kali dalam sehari selama beberapa minggu.
Oya, kalian juga dapat mengkonsumsi segelas jus tomat setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat, pastikan meminum jus tomat segera setelah anda membuatnya, jangan biarkan terlalu lama.

9.Masker kentang
Kentang ternyata banyak khasiatnya lho,termasuk untuk mengatasi mata panda.Khasiat kentang satu ini dapat muncul karena dia mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut terbukti mampu mempercepat regerenasi sel-sel kulit yang baru. Caranya:
  • Kupas 1 buah kentang, kemudian haluskan
  • Masukan halusan tersebut kedalam kain tipis
  • Gunakan untuk mengompres selama 30 menit Lakukan secara rutin sebelum tidur dan setelah bangun tidur pagi hari
10. Minyak zaitun
Minyak zaitun ini memang banyak manfaatnya,katanya sih minyak zaitun ini dulu sering digunakan oleh Ratu Mesir yang bernama Cleopatra untuk merawat kulit sehabis mandi. Terbukti dari minyak tersebut, beliau bisa memiliki kecantikan kulit yang tiada duanya. Sepertinya tidak ada salahnya juga menggunakan minyak zaitun untuk keluhan kantung mata hitam. Caranya:
  • Setiap selesai mandi (baik pagi ataupun sore), oleskan minyak zaitun pada area mata selama 30 menit Jangan lupa beri pijatan lembut agar meresap dan bekerja optimal.
11.Minyak Witch Hazel
Minyak witch hazel umunya di kenal sebagai produk yang bermanfaat untuk perawatan kulit, kandungan tanin yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk mengurangi pembengkakan, memperbaiki sel kulit yang rusak,sekaligus melawan bakteri. Oleh karena itu minyak witch hazel banyak di gunakan sebagai toner atau lotion sebagai anti penuaan dan untuk kulit berjerawat, termask untuk mengatasi kantung mata hitam tidak ada salahnya kalian mencoba minyak witch hazel.
Caranya:
  • Rendam bola kapas dalam minyak witch hazel lalu kompres ke mata, biarkan 5 - 10 menit. Kulit Anda akan terasa lebih kencang dan segar.
12.Kopi
Kopi ternyata bukan hanya untuk di konsumsi saja,kopi bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah kantung mata hitam kandungan kafein dalam kopi umumnya digunakan untuk mengencangkan kulit. Caranya:
  • Anda bisa meletakkan ampas kopi di bawah mata sebagai masker untuk mengurangi sembap.
13.Sendok dingin (bukan garpu)
Menggunakan sendok dingin untuk menghilangkan kantung mata, mungkin terdengar cukup aneh. Namun percaya atau tidak cara ini cukup efektif. Sifat yang dingin dari sendok dapat membantuk merileksasi kulit pada bagian bawah mata. Caranya:
  • rendam sendok dalam air es selama 15 menit, lalu tempelkan ke area mata sampai rasa dinginnya habis. Hanya dengan 2-3 penggunaan saja kantung mata kamu akan hilang sendiri.
14.Yoghurt
Yoghurt ternyata bukan hanya bagus untuk pencernaan saja, mengaplikasikan yoghurt untuk mengatasi kantung mata hitam ternyata patut untuk di coba lho.
Caranya:
  • Mengaplikasikan yoghurt di bawah mata dan membiarkannya selama 15 menit sebelum tidur bisa menghalau lingkaran hitam. Anda hanya perlu menyekanya tanpa membasuhnya dan biarkan sarinya meresap di kulit semalaman.
15. Pengobatan
Beberapa pengobatan yang terkait masalah tekanan darah bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Alih-alih langsung mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, coba konsultasikan pada dokter Anda mengenai pengobatan alternatif lain melalui cara yang lebih alami seperti menjaga pola makan sehat dan mengurangi stres.

Baca Juga : Tips Merawat Rambut Yang di Warnai Agar Sehat dan Berkilau

Makan sehat dan mengurangi stres pun dengan sendirinya akan menghalau datangnya mata panda dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Itulah tadi beberapa faktor penyebab terjadinya mata panda dan bagaimana tips menghilangkan kantung mata hitam yang bisa kalian coba, oyaa kalau menurut saya sih mata panda akan terjadi kalau kita tidak menerapkan pola hidup sehat. So,, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat juga ya teman, dengan begitu kalian akan terhindar bukan hanya saja oleh keluhan mata panda tapi juga keluhan penyakit yang lainnya, selamat mencoba. Jika pembahasan artikel ini bermanfaat bagi kalian atau mungkin bagi orang lain jangan lupa share ke jejaring sosial di bawah ini ya.. terimakasih.
Sumber : Cantikmutlak.com
Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam | Aifgitar | 5